GO GREEN

GO GREEN
SELAMATKAN BUMI KITA DARI GLOBAL WARMING :))

Kamis, 30 April 2009

PILIHAN MASA DEPAN

Satu fase dalam kehidupan kita baru saja selesai . Setelah kita menyelesaikan UAN , UAS , Ujian Praktek , dll . Tiba saatnya kita menerima hasil ujian, dan kita semua berharap SMAN 3 SEMARANG tahun ajaran 2008-2009 LULUS 100 % . Habis lulu SMA , kita mau ngapain ? SMA adalah masa paling indah dalam hidup kita, but the show must go on. Sekarang,kita harus ambil langkah selanjutnya. Mau ke mana ? Apa yang akan kita lakukan setelah SMA ? Ini paling menentukkan masa depan kita. Sebagian besar dari kita pasti akan menjawab , "Kuliah dongg !!" . Namun,kita harus menyesuaikan jurusan perkuliahan yang sesuai dengan kemampuan diri kita sebelum melangkah terlalu jauh. Ini dia tips nya :

1.Kemampuan kognitif dan kecerdasan



Untuk memilih jurusan,tingkat kecerdasan kita adalah hal penting yang harus kita perhitungkan. Nggak mungkin kita ngotot masuk jurusan teknik kimia kalau termyata kita nggak terlalu mengerti kimia kan ?

2.Kepribadian



Kepribadian kita ternyata adalah suatu alat ukur kemampuan diri. Kepribadian bisa menentukan keberhasilan saat kita sedang menggeluti sesuatu.


3.Kesehatan dan kekuatan fisik


Saat kita memilih jurusan,kita harus menyesuaikan dengan kemampuan fisik. Kalau kita gampang sakit dan nggak tahan kena sinar matahari lama-lama,nggak mungkin dong,kita ambil jurusan teknik sipil atau perminyakan. Kan kita nantinya lebih banyak di outdoor dan tempat kilang minyak.



4.Kemampuan materi

Selama ini,kalo kita butuh uang jajan dan sekolah,pasti minta ortu. Sekarang,kita pun harus memikirkan jumlah dana yang ada.Rasanya nggak berperasaan banget sampai maksa ortu nguras tabungan mereka untuk masuk ke jurusan favorit yang kita inginkan. Misal,kalau kita pengen jurusan FK,selain pintar,kita juga harus siap-siap keluar duit banyak.

5.Minat


Keinginan kita berpengaruh untuk masa depan kita. Kalau suka sama satu pelajaran,kita bisa enjoy banget,nggak peduli banyak tugas,pasti kita kerjain.Beda kalo kita nggak suka suatu mapel,walau ada tugas kecil pun,kita pasti males-malesan ngerjain.



Tapi, minat nggak sama dengan bakat lho . Misal , kita minat banget kuliah di bidang arsitek , namun , kita nggak bakat menggambar . Soalnya,kita seringnya tertarik sama hal-hal yang lagi happening. Contoh dalam kehidupan sehari-hari,saat lagi happening sandal gladiator dan baju tie die,kita berbondong-bondong beli,nggak peduli modelnya cocok buat di tubuh kita ato nggak . Ada tipsnya nih :
1. Kenali bakat asli kita
Nilai rapor bisa membantu.Dari pelajaran di rapor yang nilainya paling tinggi.
2.Jujur sama diri sendiri
Saat naksir susuatu,pastikan itu dari hatimu,bukan karena ikut-ikut atau lagi happening. Bahaya banget kalau memilih jurusan kuliah berdasarkan topik yang lagi "in" saat itu.Karen hal itu akan membuat tersiksa nantinya.
3.Jangan terlalu cepat memutuskan sesuatu.
Coba browsing di internet , tanya ortu , kakak kita tentang jurusan yang kita inginkan.
Sekedar curhat,tadinya aku daftar Arsitektur dan Teknik Sipil UNDIP lewat UM UNDIP,tapi belum lolos.Namun aku akhirnya sadar,kedua jurusan itu jauh dari keahlianku,aku nggak terlalu pinter fisika dan menggambar. Untuk SNMPTN Juli 2009 nanti,aku akhirnya memutuskan mengganti pilihan jurusan. Doakaan aku yaa :)

1 komentar:

  1. iya belll.. aku doain, smua temen aku doain biar msug univ yg dpengenin . amin.
    blog kmu bermutu bgt, ciehh.. gag ky pnya ku, isi nya gag srius smua
    hheehehe

    BalasHapus

Pengikut